terdepan dalam prestasi, terpaecaya dalam informasi dan teraktual dalam berita .......... Pasir sakti adalah lintas berita , komunitas, tip dan trik komputer

Senin, 11 Maret 2019

Cara memperbaiki Yoke TV Slim




Pernahkan anda mencoba memperbaiki sendiri Yoke yang putus karena korosi atau terbakar?
Kali ini saya memberikan contoh Cara memperbaiki Yoke TV Slim yang sering saya jumpai, dan sering putus bagian lilitan Verticalnya, dan saya memperbaiki sendiri.

Pernahkah Anda memperbaiki tv model Slim yang gambarnya suman nampak di tengak2 dgn lebar 10 Cm dan gambar bengkok? Jika iya apa yg terbersit di pikiran anda? apakah IC vertical Rusak? Jika anda sudah berpengalaman pasti langsung menebak yokenya yg bermasalah. Lihat Gambar dibawah, adalah tv yang putus yoke verticalnya.



Anda Pasti sudah tahu jikalau lilitan untuk verticalnya ada di bagian luar Yoke, Untuk itu jika akan melepasnya, silahkan bersikan dahulu, lem perekatnya, biasanya dari lem bakar DLL.
Sebelum itu anda dapat mengetahui dahulu lilitan atas apa bawah yg putus dengan mengukur menggunakan avometer pada pin V- dan V+ pada yoke, tapi sebelumnya lepas salah satu ujung lilitan dari kawat email itu.
Jika Sudah, anda bisa melepas CLlip/ besi penjepit antar 2 buah keping gulingan itu dengan tank, berhatila, karena barang Ferit yang dipakai gampang patah, jika sudah terlepas ke-2nya, pisahkan 2 lempengan itu dengan cara mencongkel menggunakan obeng tipis.



Untuk kasus yang agak sulit, kadang kala harus melepas 90% gulungan, itu tidak apa2. Saya sering melalukannya dan menggulung kembali meski kelihatan agak tidak beraturan dan kurang rapi yang penting bisa normal kembali. Untuk menggulung ulang saya memerlukan wahtu sekitar 45 mnit.

Penting: jika anda membongkar seluruh lilitan, ingat kembali arah putaran lilitnya, jika terbalik akan menghasilkan gambar lurus 1 batang, sama seperti IC verticalnya Rusak. ingat itu. Tambahan: arah lilitan sama dengan lempengan ke-2 bagian vertical itu. jd bisa jd patokan.

Tidak ada komentar:

KIRIM SMS GRATIS 100% no limit